LOMBA SISWA BERPRESTASI

“Alat Peraga Organ Pencernaan Pada Manusia”

 

LATAR BELAKANG
Konsep tentang Sistem Pencernaan Manusia merupakan salah satu materi yang diajarkan dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), khususnya kelas V Sekolah Dasar (SD). Mata pelajaran ini membahas tentang memproses makanan dan menyerap sari makanan berupa nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu juga membahas organ-organ yang berada didalam tubuh manusia. Dalam materi ini berisi organ-organ pencernaan manusia yang berfungsi untuk mencerna makanan, antara lain mulut yang berfungsi sebagai alat pencernaan mekanis karena membantu memecah makanan menjadi potongan-potongan yang lebih kecil, kerongkongan berfungsi sebagai jalan gumpalan makanan dari mulut menuju ke lambung, di dalam lambung terjadi pencernaan secara mekanis dan kimiawi, usus halus atau usus dua belas jari bermuara dua saluran yaitu dari pankreas dan kantong empedu, usus besar terdapat sisa makanan hasil pencernaan usus halus masuk ke usus besar, dan anus merupakan sistem pencernaan manusia yang terakhir. Sisa makanan yang menjadi kotoran akan melalui bagian ujung pada usus besar yang disebut sebagai rektum.
Berdasarkan pengamatan cara penyampaian materi masih dilakukan secara konvensional, artinya guru menjelaskan di depan kelas dan siswa mendengarkan di tempat duduk masingmasing. Selain itu, media yang digunakan juga masih berupa buku cetak dan poster. Metode pembelajaran seperti ini bisa dikatakan kurang interaktif dan cenderung membuat siswa menjadi kurang aktif. Metode konvensional yang digunakan sebelumnya kurang efektif karena siswa kurang mudah untuk membayangkan bagaimana bentuk dan letak organ-organ pencernaan pada tubuh manusia sehingga diperlukan simulasi untuk mengatasi masalah tersebut Model pembelajaran konvensional merupakan model pembelajaran yang mengacu pada gaya mengajar dimana guru terlibat aktif dalam mengusung isi pelajaran kepada peserta didik dan mengajarkan secara langsung kepada seluruh kelas. Sehingga membuat siswa kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Jika pelajaran yang diberikan materinya cukup banyak untuk dipahami, anak hanya akan sekedar menghafalkan kata-kata atau kalimatnya agar dapat diingat jika ditanyakan dalam ujian. Namun pada dasarnya anak tetap tidak mengerti apa yang dipelajarinya
dan apa yang dihafalkan oleh anak hanya akan bertahan dalam jangka pendek. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah menggunakan media carta atau alat peraga yang berfungsi untuk memperjelas materi pencernaan makanan pada manusia.

KARYA INOVASI YANG DIHASILKAN DAN DAMPAK DARI KARYA TULIS YANG DIHASILKAN
Karya inovasi yang dibuat adalah alat peraga pencernaan manusia. Alat peraga yang dibuat ini dari bahan yang sederhana. Siswa cukup mempersiapkan alat dan bahan, kemudian menggambar alat pencernaan manusia di kertas manila dan memberi warna. Setelah semua diwarnai, siswa membuat jalan proses pencernaan manusia dengan membuat lubang kecil pada gambar Dengan pembuatan alat peraga ini siswa dapat menjelaskan sambil menunjukkan proses atau jalan pencernaan manusia secara urut. Pembelajaran ini akan memberikan gambaran secara nyata alat pencernaan manusia.

PENUTUP
Demikian pembuatan karya ilmiah sederhana yang saya buat. Semoga apa yang saya sampaikan semoga dapat bermanfaat serta memudahkan kita dalam belajar dan memahami proses pencernaan makanan pada manusia.

 

Tentang Penulis

SD Santo Aloysius Semarang

"Good Character be Smart Personality"

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *